Sejarah traveloka.
Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan
pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik
di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert .
Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami
kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang kePadang, Indonesia, dari Amerika Serikat.
Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin
pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya.
Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi
tiket pesawat di
mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret
2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis
reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa
pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
TIM
Para pendiri Traveloka adalah para praktisi teknologi
informasi yang kembali dari Amerika Serikat ke Indonesia antara
lain
·
Derianto
Kusuma, lulusan Universitas Stanford, sebelumnya bekerja
sebagai software engineer senior LinkedIn di Silicon Valley
·
Ferry
Unardi, lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang
sebelumnya bekerja untuk Microsoft.
Pada awal 2015, dilaporkan tim
Traveloka terdiri dari lebih dari 50 orang. Penggagas KawalPemilu.org, Ainun Najib juga
bergabung[
Industri
pariwisata akan semakin maju dengan beragam kemudahan yang diberikan pemerintah
hingga pelaku usaha terkait. Di mata Head of Partnership Traveloka,
Tantia Dian Permata Indah, kemudahan adalah yang utama.
Infrastruktur
yang memadai akan memudahkan wisatawan mencapai obyek wisata yang dituju.
Itulah kenapa pemerintah perlu menggalakkan pembangunan infrastruktur untuk
menumbuhkembangkan ratusan destinasi wisata di Tanah Air. Itu belum termasuk
ribuan Desa Wisata yang potensial menarik kunjungan jutaan wisatawan domestik
maupun mancanegara.
“Dari
sisi kami sebagai agen perjalanan, infrastruktur yang baik sangat membantu.
Untuk hotel, kemudahan akses juga sangat penting. Jika semua sudah terintegrasi
dengan baik, tentu perkembangan pariwisata Indonesia akan terus meningkat,”
katanya.
Hal
serupa juga dilakukan Traveloka yang telah merilis aplikasi khusus untuk
memudahkan para pelancong mengunjungi destinasi wisata favorit. Mereka bisa
dengan mudah memesan tiket pesawat dan kamar hotel lewatsmartphone yang
telah memiliki aplikasi Traveloka.
Traveloka App mampu
mencari rute pesawat domestik dan internasional seperti Garuda Indonesia,
Citilink, Air Asia dan lainnya, serta ribuan hotel langsung dari genggaman
tangan hanya dalam hitungan detik.
“Visi
Traveloka adalah memudahkan setiap orang untuk melakukan perjalanan dari satu
tempat ke tempat lain. Kami juga sudah membuka kerjasama dengan sekitar 3.000
hotel di beberapa daerah wisata utama,” katanya.
Untuk
memenuhi hasrat berwisata yang tinggi di kalangan pebisnis maupun traveler,
Traveloka juga selalu meng-update destinasi pariwisata yang menarik
namun belum banyak dikunjungi. Dengan demikian, ada banyak pilihan untuk para
pelancong memilih obyek wisata yang baru.
“Kami
membidik semua elemen. Dari pebisnis, leisure traveler, hingga traveler yang
membidik diskon tertentu. Kami aktif melakukan promosi lewat iklan di TV,”
ujarnya.
Menurut
Tantia, iklan di TV lebih mendidik para pemirsanya untuk melakukan layanan via online yang
saat ini kian nyaman. Traveloka juga berpromosi melalui media sosial.
Permintaan yang masuk bisa langsung direspons. Untuk anggota berlangganan, ada
juga newsletter yang berisi informasi diskon terbaru dan
lainnya.
“Meskipun
baru dua tahun, Traveloka telah mengalami perkembangan yang pesat. Namun,
angkanya belum bisa di-share. Ini tak lepas dari perkembangan produk dan
pengembangan pasar yang dilakukan perseroan. Kami juga punya customer
serviceyang bisa dihubungan selama 24 jam,” ujarnya.
Untuk
destinasi favorit, lanjut dia, obyek-obyek wisata di Jakarta, Surabaya, Bali,
Medan, dan Makassar masih lebih banyak dipilih wisatawan. Tak hanya kemudahan
memesan tiket pesawat dan kamar hotel, Traveloka juga memberi kemudahan dalam
pilihan metode pembayaran. Konsumen dapat melakukan pembayaran lewat kartu
kredit,internet bangking, hingga transfer melalui ATM.
Aplikasi
Traveloka juga ramah lingkungan karena konsumen tidak perlu mencetak e-tiket
atau voucher hotel. Cukup dengan menunjukkannya melalui smartphone kepada
petugas saat check-in di bandara atau hotel.
sumber:
http://swa.co.id/swa/trends/technology/traveloka-tawarkan-kemudahan-berwisata
https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar